Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas

cara-dapat-backlinkUntuk urusan SEO off-page, salah satu faktor penentunya adalah backlink. Membangun backlink sendiri bukan pekerjaan mudah yang dapat kita lakukan hanya dalam hitungan menit. Terlebih lagi untuk mendapatkan backlink natural yang tentunya membutuhkan strategi khusus.

Cara mendapatkan backlink sejatinya sangat beragam, namun karena yang dibutuhkan adalah kualitas, maka menanam backlink harus dilakukan secara benar sehingga hasilnya nanti benar-benar akan memberikan efek untuk blog kita.

Baca juga: Trik SEO WordPress

Berikut ini saya rangkum beberapa cara untuk melakukan link building blog yang tepat yang akan membantu peringkat blog Anda di mesin pencari. Sebelumnya harap dicatat, bahwa link building memang membutuhkan waktu. Namun, jika Anda melakukannya secara alami, maka kegunaannya pun akan bertahan untuk jangka panjang.

Cara Membangun Backlink Blog Untuk Mendapatkan Banyak Backlink Berkualitas

1. Backlink dari Social Media

Backlink dari situs social media merupakan jenis backlinks yang sangat berkualitas, contohnya backlinks dari Twitter, Google Plus, dan Facebook. Meskipun biasanya backlink dari situs-situs social media ini berupa backlink nofollow, namun mesin pencari seperti Google tetap memperhitungkannya.

Selain backlink, tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau followers kita di social media tersebut. Karena itu, sebaiknya setiap blog yang kita bangun harus memiliki akun social media tersendiri, misalnya fans page Facebook dan juga akun Twitter. Dengan memiliki banyak teman atau followers di situs-situs social media tentunya akan sangat mudah untuk membuat blog kita menjadi populer, dan tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

2. Backlink dari Web 2.0

Selain untuk membuat blog gratis, Web 2.0 juga dapat digunakan untuk kegiatan membangun backlink. Dan tentu saja backlink dari Web 2.0 ini sangat efektif untuk kepentingan SEO karena rata-rata Web 2.0 memiliki high authority di mesin pencari. Dengan kata lain, Web 2.0 sudah dipercaya oleh mesin pencari.

Beberapa daftar Web 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan membangun backlinks diantaranya adalah Blogger.com. WordPress.com, Blog.com, Blurty.com, Webs.com, Tumblr.com, Gather.com, dan masih banyak lagi.

3. Backlink dari Signature

Saat ini terdapat sekian banyak situs-situs forum online yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum webmaster, gamers, publisher, hingga forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id yang membahas berbagai topik didalamnya. Selain kaskus.co.id, forum Indonesia lainnya yang sudah sangat terkenal adalah ads.id, yaitu sebuah forum online untuk kalangan publisher di Indonesia.

Di forum Ads.id member yang sudah terverifikasi serta para donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan di forum tersebut. Memasang link menuju websita atau blog kita dibagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yakni berupa backlink berkualitas dan juga direct visitor dari forum tersebut.

4. Backlink dari Guest Blogging

Menjadi blogger tamu atau guest blogger di sebuah blog yang sudah memiliki popularitas adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain dan memposting artikel yang bermanfaat bagi pembaca blog tersebut.

Pada bagian biografi penulis, Anda bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang link menuju blog Anda. Dua keuntungan yang bisa Anda dapat dari kegiatan guest blogging adalah mendapatkan direct traffic, dan mendapatkan backlink berkualitas.

5. Backlink melalui Blogwalking

Kegiatan yang satu ini mungkin lumayan menyita waktu, tapi sangat dianjurkan. Blogwalking adalah sebuah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar. Anda dapat meninggalkan URL website milik Anda pada form komentar blog tersebut. Selain akan mendapatkan backlink, ada potensi Anda juga akan mendapatkan kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.

Simak juga: Trik Meningkatkan Pengunjung Blog WordPress

Dalam hal blogwalking, sangat penting untuk dicatat, berkomentarlah secara etis dan relevan. Jangan berkomentar secara asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel yang akan Anda komentari.

6. Backlink dari Social Bookmark

Situs social bookmarking memungkinkan pengguna untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di temukan ketika ingin membukanya kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google juga menjelajahi halaman-halaman social bookmarking guna dapat mengetahui halaman-halaman website yang sering disimpan oleh pengguna internet, dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi hasil pencarian di search engine tersebut.

7. Backlink dari Artikel Direktori

Artikel direktori kerap kali digunakan untuk kegiatan sosialisasi atau marketing serta untuk membangun backlink. Anda dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu Anda submit ke situs-situs artikel direktori.

Saat ini suda ada sekian banyak artikel direktori, baik dalam maupun luar negeri. Anda dapat memanfaatkan artikel direktori untuk membangun backlink bermutu.

8. Backlink dari Dummy Blog

Link building dengan cara menggunakan dummy blog merupakan salah satu trik mendapatkan backlink yang sudah lama digunakan. Anda dapat membuat halaman-halaman web di penyedia blog atau website gratisan, seperti Blogger, WordPress (com), Tumblr, dll. Kemudian Anda bisa menyisipkan link blog utama pada masing-masing blog dummy.

Agar link dari blog dummy memiliki value, setiap Anda selesai posting artikel baru di blog utama Anda, maka sebaiknya Anda juga melakukan update di blog dummy Anda.

9. Membuat Artikel Pilar

Artikel pilar adalah artikel utama pada suatu blog. Artikel pilar ini merupakan artikel yang ditargetkan pemilik blog untuk mendatangkan banyak pengunjung. Lalu, apa kaitannya artikel pilar dengan membangun backlink?

Artikel pilar yang memiliki nilai manfaat tinggi terhadap para pembacanya akan mendorong pembaca untuk membagikan atau menautkan artikel pilar tersebut. Artinya, selain dijadikan sebagai artikel target traffic, keberadaan artikel pilar juga akan memberikan Anda backlink natural.

Featured: Web Hosting Terbaik Indonesia Untuk Blog Bisnis

Demikian beberapa cara mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog. Berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kriteria dari backlink berkualitas itu sendiri.

Seperti apa backlink berkualitas itu? Silakan simak beberapa kriteria backlink berkualitas seperti saya ulas dibawah ini.

Ciri-ciri Backlink Berkualitas

1. Anchor Text Beragam

Sepertinya sangat banyak sekali blogger pemula yang menargetkan kata kunci pendek dengan persentase yang cukup tinggi. Ini terjadi mungkin karena ketidakpahaman mereka serta keinginan untuk cepat menguasai kata kunci yang profitable. Mereka tidak memahami teknik dan komposisi pencarian backlink yang baik dan aman. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka blog Anda akan terdampar di sandbox. Dalam link building, pastikan tidak ada teks jangkar yang melebihi batas persentase (15% – 20%) sehingga blog Anda tetap aman.

2. Dari Beragam Domain

Backlink yang profilnya batural adalah backlink yang berasal dari banyak domain yang berbeda-beda. Usahakan supaya tidak mendapatkan backlink yang terlalu banyak dari domain yang sama, kecuali memang link tersebut bersifat sitewide atau terpasang di seluruh halaman web. Terlalu banyak backlink dari satu domain yang menuju halaman yang sama dapat menyebabkan blog Anda terkena penalty Google.

3. Memiliki Relevansi

Perhatikan poin yang satu ini. Faktor relevansi ini sangat penting karena akan membuat backlink yang Anda peroleh bisa memberikan value maksimal terhadap blog Anda. Jika Anda bisa mendapatkan backlink dari halaman yang memang membahas masalah yang sama dengan blog Anda, maka hal tersebut benar-benar memberikan efek pendongkrak peringkat blog Anda di hasil pencarian search engine.

4. Backlink Satu Arah

Backlink yang berkualitas adalah backlink satu arah alias bukan resiprokal atau berbalasan atau dua arah. Backlink dua arah ini pernah menjadi trend dimana para blogger melakukan link exchange untuk mendapatkan backlink. Saat ini reciprokal link tergolong sebagai link tidak sehat dan paling mudah terdeteksi oleh algoritma Google, jadi sebaiknya Anda menghindari link building dengan cara ini.

5. Faktor Page Authority (PA)

Sebuah halaman web yang memiliki PA tinggi mengindikasikan bahwa halaman tersebut mempunyai banyak backlink atau mendapatkan banyak poin dari halaman yang bereputasi. Backlink dari halaman dengan PA tinggi dinilai mampu memberikan banyak poin apabila Anda berhasil memasang URL blog Anda di halaman tersebut.

Search terms:

8 thoughts on “Cara Mendapatkan Backlink Banyak Yang Berkualitas”

  1. Kalau memasang backlink dari situs A ke artikel di situs B, kemudian pada situs B juga di tanam backlink ke situs A menuju artikel yang berbeda.

    Contoh:
    situs A memberikan backlink ke artikel membahas tentang email ke situs B, lalu di situs B pada artikel yang berbeda kita pasang Backlink ke situs A yang membahas tentang SEO.

    Ini masuk kategori satu arah atau dua arah gan ? Terima kasih…

  2. iya gan sangat sulit bagi ane untuk mencari back link sampe sampe ane mau menyerah tapi sekarang ane bisa memahami lebih dalam soal backlink dari artikel agan thanks atas informasinya

  3. Trimakasih gan,atas artikel informasi ny,saya yang sangat awam soal backlink,lagi belajar2 untuk naikin web saya,thx

  4. salah satu seo offpage yang paling cepet yaitu backlink, tapi kadang suka takut dikira spam dari nyang punya situs hehe.. bermanfaat banget nih artikelnya, nambah wawasan deh tentang backlink berkualitas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *