Cara Mengatasi Diskspace Hosting Penuh

Ketika diskspace akun hosting Anda penuh, maka tentunya Anda tidak akan dapat melakukan aktivitas apapun, baik itu memposting artikel, mengganti theme, menginstall plugin, maupun aktivitas-aktivitas lainnya yang dalam hal ini membutuhkan storage.

Simak: Hosting Unlimited Murah Berkualitas

Bergantung pada layanan hosting yang Anda gunakan, besar kemungkinan diskspace hosting akan overloads seiring dengan banyaknya jumlah file website Anda. Kondisi ini sekaligus mengingatkan kita, bahwa memilih layanan hosting dengan diskspace besar itu sangat penting sehingga tidak mengganggu program pengembangan website.

Bagi Anda yang menjumpai diskspace overload, ada baiknya Anda melakukan pengecekan di cPanel. Langkah ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab disk usage yang mencapai 100%. Selanjutnya Anda bisa melakukan bersih-bersih pada file yang tidak diperlukan sehingga akun hosting Anda kembali menyisakan ruang.

Mengatasi Diskspace Hosting Penuh

Silakan masuk ke cPanel, kemudian pilih menu Disk Usage.

mengatasi-diskspace-penuh

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Anda dapat melihat direktori mana yang dipenuhi banyak file, dan pada umumnya file tersebut ada pada direktori Email dan Trash.

mengatasi-diskspace-penuh-2

mengatasi-diskspace-penuh-3

Apabila sudah Anda temukan dimana letak penggunan data yang cukup banyak, silakan klik direktorinya. Misalkan pada direktori Trash, maka Anda bisa buka dan Hapus semua file yang ada di dalamnya, karena file pada direktori ini tentunya sudah tidak Anda butuhkan.

Pada direktori Email, Anda bisa membukanya terlebih dulu. Pada folder New (folder di luar nama domain), Anda bisa menghapus foldernya, dan buat baru lagi folder New-nya, namun setelah itu Anda perlu mengubah permission-nya menjadi 0000.

permission

Apabila indikasi file terbanyak ada pada direktori Public_html, silakan buka directori tersebut. Disini biasanya yang membuat  diskspace membengkak dikarenakan adanya file error_log. Anda bisa menghapus file tersebut sehingga diskspace kembali tersisa.

Baca: 10 Web Hosting Indonesia Terpercaya

Dengan langkah-langkah diatas, Anda akan dapat mengatasi diskspace overload tanpa perlu upgrade layanan hosting, terkecuali jika memang Anda harus melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *