Perbedaan Domain dan Hosting

Untuk pemula, mungkin sebagian dari mereka masih bingung mengenai perbedaan domain dan hosting.

Baik domain maupun hosting keduanya merupakan komponen suatu website. Namun, keduanya memiliki fungsi yang tidak sama.

Berikut ini diulas mengenai perbedaan antara nama domain dan layanan web hosting.

Pengertian Domain

domain

Domain adalah sebuah alamat (Anda bisa mengibaratkan domain sebagai alamat rumah). Masing-masing komputer yang terhubung satu sama lain akan memiliki alamat IP (IP Address). Namun, alamat IP yang berbentuk deretan angka akan sulit untuk diingat. Nah, itulah kegunaan dari nama domain.

Nama domain adalah alamat suatu website yang dituliskan pengguna Internet di kolom bar URL. Contoh nama domain:

hostingterbaikindonesia.org
google.com

Jika domain adalah sebuah alamat, maka hosting adalah rumah yang kita miliki. Misalnya adalah website atau blog self hosting.

Seperti yang Anda lihat, hostingterbaikindonesia.org pasti memiliki website yang bisa dibuka. Website itulah yang disebut dengan Hosting.

Adapun untuk memiliki domain, Anda harus mendaftarkan nama domain tersebut ke domain registrar. Contoh salah satu domain registrar lokal terpercaya adalah Niagahoster.

Pengertian Hosting

web hosting

Hosting adalah sebuah lahan dimana Anda dapat membangun bangunan tertentu pada lahan tersebut, misalkan rumah. JIka Anda memiliki nama domain namun tidak memiliki hosting, hal tersebut seperti Anda memiliki alamat tanpa rumah. Anda dapat mendatangkan pengunjung lewat nama domain, namun pengunjung tidak akan melihat apapun disana.

Adapun dalam sebuah website itu akan terdapat berbagai informasi, file, atau bahkan database (bisa berupa tulisan, gambar, script, video, dsb) yang ingin ditampilkan. Jika tidak ada hosting, maka kesemuanya itu tidak akan bisa ditampilkan karena tidak ada lahan untuk menyimpannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *