Tips Memilih Domain

tips memilih domain yang tepatKetika Anda berencana membuat website atau blog, maka setidaknya ada dua komponen yang harus Anda persiapkan. Kedua komponen tersebut adalah nama domain dan web hosting. Domain dan hosting adalah dua unsur yang dimiliki sebuah weblog dimana keduanya saling terintegrasi satu sama lain.

Pengertian Domain

Domain atau nama domain, adalah sebuah nama unik yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer ataupun internet. Keberadaan nama domain akan mempermudah user internet ketika mengakses jaringan server.

Secara sederhananya, keberadaan nama domain memiliki fungsi untuk mempermudah kita dalam mengakses laman web tanpa harus mengingat deretan angka yang panjang yang disebut sebagai alamat IP (Internet Protocol Address).

Jenis-jenis Domain

Nama domain terbagi dalam beragam tipe dimana setiap tipe memiliki ciri dan level masing-masing. Nama domain dapat dimiliki secara gratis dan juga berbayar.

Berikut beberapa jenis nama domain:

1. TLD (Top Level Domain)
2. gTLD (Generic Top Level Domain)
3. Sub Domain

Pengertian Top Level Domain (TLD); adalah sebuah nama domain yang memiliki level tingkat atas. Beberapa ekstensi nama domain dengan level tingkat atas diantaranya adalah .com, .net, .org, .info, dll.

Pengertian Generic Top Level Domain (gTLD); adalah sebuah nama domain dengan level tingkat atas pada suatu negara, seperti .co.uk untuk gTLD United of Kingdom, .com.au untuk gTLD Australia, atau .web.id untuk gTLD Indonesia.

Pengertian Sub Domain; Sub Domain adalah sebuah nama domain level kedua. Jika Anda membuat blog menggunakan sub domain, Anda bisa mendapatkan sub domain tersebut secara gratis.

Contoh sub domain: tips.hostingterbaikindonesia.org, unlimited.hostingterbaikindonesia.org, vps.hostingtrbaikindonesia.org.

Tips Memilih Nama Domain

Sekarang Anda sudah memahami apa itu domain beserta jenis-jenisnya. Lalu bagaimana cara memilih nama domain yang baik untuk website atau blog Anda? Silakan simak beberapa tips memilih nama domain secara tepat berikut ini.

*) Tips memilih nama domain dibawah ini merupakan tips pemilihan nama domain TLD.

1. Pilih Nama Domain Yang Unik

Nama domain yang unik adalah sebuah nama domain yang memiliki nilai pembeda. Misalkan Anda ingin membuat website dengan nama domain yang memuat embel-embel bluehost atau godaddy, maka kedua nama domain tersebut tidak lagi terlihat unik karena website bluehost.com dan godaddy.com sudah eksis.

2. Pilih Nama Domain Yang Mudah Diingat

Usahakan untuk tidak memilih nama domain yang sulit diingat. Pilihlah nama domain yang mudah dieja sehingga para pengunjung website Anda akan lebih mudah mengingat website Anda jika sewaktu-waktu mereka ingin kembali mengunjungi website Anda. Selain itu, memilih nama domain yang mudah diingat juga akan memudahkan pengunjung untuk mengetiknya.

3. Pilihlah Nama Domain Yang Singkat

Poin ini sebenarnya tidak terlalu prioritas, namun jika memungkinkan sebaiknya Anda memilih nama domain tidak lebih dari 25 karakter. Selain akan memudahkan pengunjung untuk mengingatnya, nama domain yang singkat juga terkesan lebih simple dan profesional.

4. Pilih Nama Domain Yang SEO Friendly

Nama domain SEO friendly adalah sebuah nama domain yang mengandung keyword didalamnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan pada keyword yang Anda bidik. Misalkan Anda ingin membuat blog yang nantinya blog tersebut akan berisikan artikel seputar web hosting terbaik Indonesia, maka idealnya dama domain tersebut harus mengandung kata “hosting”.

Baca: 5 Web hosting terbaik Indonesia

5. Pilih Ekstensi Domain Internasional

Jika Anda menargetkan pengunjung secara global, ada baiknya Anda memilih ekstensi nama domain internasional. Beberapa ekstensi nama domain internasional diantaranya adalah .com, .net, .info, dan .org. Sebagian besar website atau blog global saat ini masih menggunakan keempat ekstensi nama domain tersebut.

6. Hindari Menggunakan Tanda Penghubung (-) dan Angka 

Penggunaan tanda penghubung atau angka pada nama domain sebenarnya tidak bersifat mutlak harus dihindari, hanya saja keberadaan tanda penghubung ini akan memberi kesan kurang baik karena sebagian besar spammer menggunakan tanda penghubung pada nama domain website atau blog mereka dengan tujuan untuk memberi penekanan pada keyword.

7. Gunakan Tool Pencari Nama Domain Secara Cepat

Anda dapat memanfaatkan tools online untuk menemukan nama domain ideal secara cepat. Salah satu tool yang dapat Anda coba adalah Domainr. Web tool tersebut akan membantu Anda menemukan nama domain secara mudah dan cepat berdasarkan kata yang Anda ketik, misalkan “domainmurah”, “hostingterbaik”, “besthosting”, “carinsurance”, dsb.

8. Daftarkan Segera Nama Domain Anda

Ketika Anda sudah mengantongi ide nama domain dan nama domain tersebut statusnya belum terdaftar, maka segeralah untuk membeli nama domain tersebut. Usahakan untuk tidak menunda-nunda karena tidak menutup kemungkinan nama domain tersebut nantinya akan didaftarkan oleh orang lain, terlebih lagi jika nama domain tersebut memiliki sisi komersil.

9. Pilih Nama Domain Dari Registrar Terpercaya

Sama halnya dengan memilih layanan web hosting, memilih nama domain sebaiknya juga berpertimbangan pada reputasi penyedia layanan nama domain. Ini penting untuk menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan yang berpotensi merugikan Anda dikemudian hari. Saat ini sudah ada sekian banyak registrar nama domain terpercaya di Indonesia yang dapat Anda jadikan pilihan.

10. Pilih Harga Terbaik

Pertimbangan dalam memilih nama domain yang terakhir adalah berkaitan dengan harga. Jika pada artikel tips memilih web hosting berkualitas saya banyak menyinggung kalimat harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas layanan, untuk nama domain ini ada sebuah pengecualian karena cakupan fungsionalitas nama domain dan web hosting itu sangat berbeda.

Temukan domain registrar terpercaya yang menawarkan harga domain terbaik. Dan yang perlu dicatat, jangan lantas tergiur dengan harga pembelian pertama, pastikan juga harga renewal nya relatif terjangkau. Adapun kisaran harga domain TLD untuk ekstensi .com, .net, dan .org adalah diantara 100-125 ribu.

Demikian beberapa tips memilih nama domain secara bijak, semoga bermanfaat. Dan bagi Anda yang masih awam perihal web hosting, artikel Pengertian web hosting dan fungsinya mungkin berguna untuk Anda.

Terakhir, sebagai catatan untuk Anda, nama domain tidak dapat diganti. Alternatifnya, Anda dapat mendaftarkan nama domain baru yang nantinya Anda dimungkinkan untuk menambahkan script redirect ke laman domain baru Anda. Namun, hal tersebut akan menimbulkan sejumlah dampak negatif khususnya berkaitan dengan SEO. Sisi kerugian lainnya, Anda harus membayar sewa nama domain ganda untuk laman web yang sama.

Oleh yang demikian, amat penting bagi Anda untuk mempertimbangkannya secara matang sebelum Anda memutuskan mendaftarkan nama domain tertentu sehingga nama domain tersebut tidak harus diarahkan ke nama domain baru yang menurut Anda lebih ideal atau atas alasan-alasan penting lainnya.

Search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *