Cara Mengatasi Blog WordPress Tidak Bisa Dibuka Karena Masalah Plugin

Blog atau website berbasis WordPress umumnya menggunakan berbagai plugin untuk menunjang performa atau fitur website tersebut. Beberapa plugin yang umum digunakan blog berbasis WordPress antara lain plugin SEO, plugin artikel terkait, plugin sharing, dan sejumlah plugin terkait lainnya.

Baca: Web Hosting Terbaik Indonesia

Dalam proses instalasi plugin, ada kalanya plugin tersebut justru membuat blog WordPress Anda tidak bisa dibuka secara normal. Ya, adanya masalah pada plugin yang baru saja Anda install dapat menyebabkan blog Anda tidak bisa diakses.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Masalah blog tidak bisa dibuka karena masalah plugin sejatinya bukanlah situasi yang rumit. Anda hanya perlu menonaktifkan plugin tersebut terlebih dulu, kemudian Anda dapat menginstalnya ulang setelah blog Anda bisa dibuka secara normal.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Lewat cPanel

Jika penyebab blog WordPress Anda tidak dapat diakses sebagaimana mestinya lantaran terdapat masalah pada plugin, maka Anda bisa segera menonaktifkan atau menghapus plugin yang bermasalah tersebut melalui cPanel akun hosting Anda. Berikut ini cara menonaktifkan plugin lewat cPanel.

Silakan login ke cPanel dengan mengetikkan URL: namadomainanda.com/cpanel

Masukkan username dan password cPanel Anda

Sesampainya di cPanel, tekan tombol keyboard CTRL + F, lalu ketikkan File Manager.

hapus plugin lewat cpanel 1

Klik File Manager, klik folder Public_html, wp-content

hapus plugin lewat cpanel 2

Buka folder plugin, lalu hapus plugin yang bermasalah.
hapus plugin lewat cpanel 3Selanjutnya, silakan coba akses blog Anda. Jika bisa dibuka secara normal, maka itu artinya plugin yang baru saja Anda hapus merupakan penyebab blog Anda tidak bisa dibuka.

Akhir Kata

Demikian cara menghapus plugin WordPress melalui cPanel yang tentunya dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Cara hapus plugin lewat cPanel akan sangat membantu ketika Anda dalam kondisi tidak bisa login ke dashboard WordPress.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *