Cara Meningkatkan Peringkat Keyword di Google

cara meningkatkan peringkat keyword

Meningkatkan keyword di Google menjadi sangat penting karena ketika keywords yang Anda bidik gagal bersaing di SERPs, maka dapat dipastikan website Anda tidak akan memiliki traffic yang tertarget.

Ada banyak cara untuk meningkatkan ranking keyword di pencarian Google atau mesin pencari lainnya. Dalam artikel ini saya akan bahas beberapa cara mudah untuk menaikkan keyword blog di hasil pencarian Google.

Dan sebagai catatan, peringkat keyword di Google terkadang sangat fluktuatif. Fenomena tersebut sebenarnya tidak mengherankan (umum) sepanjang penurunannya tidak signifikan, misalkan sebelumnya menempati posisi 3 teratas kemudian hilang dari page one.

Cara Meningkatkan Peringkat Keyword di Google Secara Mudah

1. Tingkatkan User Experiences

Google atau sebagian besar search engine lainnya sangat mementingkan pengalaman pengguna.

Anda perlu memastikan pengguna website Anda memiliki pengalaman yang baik ketika berkunjung ke website Anda karena ini merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan peringkat kata kunci yang Anda targetkan.

Pengalaman pengguna yang baik itu ditentukan beberapa faktor, mulai konten berguna, load time website, hingga desain website yang user friendly.

2. Tingkatkan Waktu Muat

Dulunya masalah website loading lambat memang tidak memberikan masalah yang besar untuk urusan SEO.

Namun, seiring dengan adanya perubahan demi perubahan pada algoritma Google, load time website merupakan salah satu aspek yang benar-benar perlu untuk diberi perhatian.

Kecepatan akses situs web sendiri ditentukan banyak hal, mulai theme, jenis konten, resolusi gambar, plugin, hingga web hosting.

Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan web hosting terbaik yang menggunakan server dengan kinerja optimal supaya load time website Anda tetap optimal.

3. Struktur Tag Heading

Agar artikel yang Anda publish semakin sempurna dari sisi SEO, pastikan Anda menerapkan struktur tag heading yang benar.

Tempatkan juga keyword pada heading dan beberapa sub-heading sehingga hal ini semakin memberikan penekanan pada kata kunci yang ditargekan.

Contoh struktur tag heading yang bagus untuk SEO:

Judul: Cara Meningkatkan Loading Website WordPress (H1)

paragraf singkat

paragraf singkat

paragraf singkat

Penyebab Loading Website WordPress Lambat (Sub-heading/H2)

paragraf pendek

paragraf pendek

paragraf pendek

Tips Meningkatkan Loading Website WordPress (Sub-heading/H2)

sebaris paragraf…

materi 1 (H3)

materi 2 (H3)

materi 3 (h3)

materi seterusnya (h3)

4. Update Artikel

Selain memprioritaskan kualitas, Anda juga perlu mengupdate artikel agar isinya tetap relevan.

Anda perlu mengecek konten website Anda secara berkala guna memastikan tidak ada artikel yang usang.

Silakan sunting bagian-bagian tertentu pada artikel Anda yang memang dirasa perlu.

Misalkan Anda memposting artikel tentang tutorial tertentu dimana gambar dalam artikel tersebut sudah tidak relevan, maka Anda harus menggantinya.

5. Internal Linking

Jika Anda berpikir bahwa yang bisa menaikkan peringkat kata kunci itu hanya backlink, maka keyakinan Anda salah.

Internal linking atau link dalam satu blog tidak semata-mata untuk menurunkan bounce rate, tetapi juga berpengaruh pada SEO.

Ketika terdapat beberapa artikel dalam satu blog yang saling terhubung satu sama lain dan kesemua artikel tersebut memiliki relevansi yang baik, maka hal tersebut kian memberikan efek bagus untuk SEO.

6. Dapatkan Backlink Berkualitas

Untuk mendapatkan peringkat bagus di Google secara garis besarnya setiap website membutuhkan backlink. Namun, backlink yang diperlukan adalah backlink berkualitas.

Backlink berkualitas adalah backlink yang natural, memiliki relevansi dengan kata kunci yang Anda targetkan, dan memiliki rating URL tinggi.

Ingat, kuantitas tidak akan memberikan efek seperti yang Anda harapkan. 1 backlink berkualitas lebih bernilai katimbang ratusan backlink yang tidak berbobot.

7. Perbaiki Halaman Error

Halaman error 404 not found memberikan imbas buruk pada website Anda secara keseluruhan. Jadi, bukan hanya pada postingan atau URL tertentu.

Ketika blog Anda banyak memuat halaman error, maka yang terjadi adalah menurunnya reputasi blog Anda dihadapan search engine, bahkan tidak menutup kemungkinan akan teridentifikasi sebagai blog spam.

Gunakan tools seperti Google Search Console untuk mengecek kondisi website Anda. Segera lakukan perbaikan jika terdapat halaman error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *